Thursday 22 October 2009

Cara Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet

Kecepatan bukanlah segalanya. Tetapi kecepatan sangatlah penting. Karena dari kecepatanlah kita dapat menentukan 'value' atau nilai suatu produk.

Begitu juga dengan kecepatan koneksi internet. Selain harga atau biaya, kecepatan koneksi internet akan menjadi faktor penentu pilihan Anda dalam menggunakan suatu provider. Lalu bagaimana cara mengetahui kecepatan bandwidth koneksi internet anda?

Untuk mengukur atau mengetest kecepatan bandwidth koneksi internet, anda bisa gunakan Bandwidth Place di http://www.bandwidthplace.com. Caranya gampang banget, buka aja situsnya kemudian klik tombol Start Test, maka proses pengukuran pun dimulai. Jika proses pengukuran sudah selesai, maka akan tampak gambar seperti dibawah ini :

cara mengukur koneksi kecepatan internet
Dari gambar di atas terlihat bahwa score kecepatan download hanya sebesar 200 kbps (25 KB/sec transfer rate) dan Upload Speednya sebesar: 51 kbps (6.4 KB/sec transfer rate)

Oya, perlu Anda ketahui bahwa Ukuran umum untuk menentukan bandwidth adalah bps (bit per second) bukan byte per second. Nilai 200 kbps (baca 200 kilo bit per second). Nilai 1 Byte = 8 bit, maka 200 kbps / 8 = 25 kBps. Sehingga ini dapat diketahui bahwa kecepatan koneksi internet yang kita peroleh dalam melakukan download hanya sebesar 25 KBps.

Selain Menggunakan Bandwidth Place, sebenarnya masih banyak Bandwidth Meter lainnya yang bisa anda gunakan. Anda bisa googling dengan keyword "bandwidth meter", "bandwidth speed test" atau "bandwidth tester". Hasil yang diperoleh biasanya berbeda-beda tergantung pada lokasi server yang ada.

Ok, selamat mencoba..

0 comments: