Monday 17 August 2009

Panduan Google Earth

Google Earth merupakan sebuah program Globe Virtual yang diluncurkan oleh Google dan dibuat oleh Keyhole, Inc. Software ini di pakai untuk melihat citra satelit, peta, dataran, dan bangunan yang ada di muka bumi dalam bentuk 3 Dimensi dari luar angkasa, dimana gambar ini dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan Globe GIS 3D.
Dengan Googleearth, Anda juga dapat menjelajahi konten geografis secara lengkap, dapat menyimpan tempat yang dikunjungi dan berbagi-pakai dengan orang lain dimana pun mereka berada.

Globe virtual ini memperlihatkan rumah, warna mobil, dan bahkan bayangan orang dan rambu jalan. Resolusi yang tersedia tergantung pada tempat yang dituju, tetapi kebanyakan daerah (kecuali beberapa pulau) dicakup dalam resolusi 15 meter. Las Vegas dan Cambridge, Massachusetts memiliki resolusi tertinggi, pada ketinggian 15 cm (6 inci). Google Earth memperbolehkan pengguna untuk mencari alamat (pada beberapa negara), memasukkan koordinat, atau menggunakan mouse untuk mencari lokasi.

Pada Bulan Mei 2009, Google meluncurkan Google Earth Versi 5. Fitur Baru yang ditambahkan pada Google Earth 5 antara lain:

Pencitraan sejarah dari seluruh dunia

Artinya Anda dapat mengakses ke masa silam, melihat bagaimana lingkungan perumahan Anda berubah seiring waktu, hanya dengan mengklik Anda bisa menyaksikan pengembangan kota, puncak es yang mencair, erosi pantai, dan lain-lain. Wow, seru banget.!

Data dasar dan permukaan lautan dari pakar kelautan

Anda dapat terjun langsung ke dasar laut, menyaksikan konten dari mitra seperti BBC dan National Geographic, dan menjelajahi kapal karam seperti Titanic dalam 3D.

Semakin mudah berwisata dengan perekaman audio dan suara

Anda bisa mengabadikan navigasi anda lewat Google Earth dalam waktu nyata, anda bisa menambahkan narasi dalam perjalanan virtual anda, anda bisa menyimpan perjalanan atau wisata anda untuk digunakan kembali di masa mendatang, bahkan anda dapat membagikan kepada teman-teman anda. Mantap bukan..?

Nah, jika anda belum memiliki Google Earth, maka saya sarankan segera download Google Earth Versi 5 sekarang juga. Panduan lengkap Google Earth dalam versi Bahasa Indonesia bisa anda baca disini. Sedangkan Video Tutorial bagaimana cara penggunaan dari Google Earth ini bisa anda dapatkan disini.

Selain versi Gratis, Google Earth juga menyediakan Google Earth Pro ($400 per tahun), yang memiliki fitur tambahan dan digunakan untuk penggunaan komersial. Google Earth Pro bisa diuji coba selama 7 hari secara gratis.

Ok, Sampai disini dulu, akhir kata saya ucapkan selamat menjelajahi dunia. Eits, jangan intip orang mandi ya... hihihi :)

0 comments: