Friday 7 August 2009

Belajar Online Marketing - Metode Menghasilkan Duit Melalui Internet

Pada postingan saya sebelumnya Anda telah diperkenalkan dengan istilah-istilah yang biasa dipakai dalam dunia internet marketing atao online marketing. Sesuai janji saya, kali ini saya akan memberikan Anda daftar metode-metode yang biasa digunakan dalam menghasilkan uang melalui internet. Anda tidak mesti mengikuti semua metode ini, tetapi Anda bisa memilih yang terbaik menurut Anda, yang sesuai atau cocok dengan Anda.

  1. PPC atau Pay Per click. Dengan memasang Iklan di Blog atau Website Anda, Anda akan dibayar jika ada pengunjung yang mengklik Iklan yang dipasang. Program PPC yang banyak dipakai misalnya Google Adsense, TextLinkAds dan Bidvertiser. Untuk yang Indonesia ada KumpulBlogger, yang juga pantas dipertimbangkan.
  2. Affiliate Program. Banyak sekali affiliate program yang bisa anda ikuti. misalnya Linkshare, Commission Junction, dan Amazon.
  3. Iklan. Jika Anda memiliki Blog atau Website yang traficnya tinggi, Anda punya kesempatan untuk menambah penghasilan Anda dengan cara menerima pemasangan iklan bagi Perusahaan atau lembaga yang tertarik berpromosi lewat Blog atau website Anda.
  4. Blog network. Bergabung dengan blog network bisa menambah pemasukan anda. Biasanya blog network yang anda ikuti juga akan membagikan penghasilan dari iklan yang diperoleh.
  5. Menjual Blog. Anda bisa membuat blog dengan tujuan untuk dijual. Jika blog Anda memiliki traffic yang tinggi, biasanya akan banyak yang tertarik untuk membeli. Di luar negeri, jual beli blog sudah lazim terjadi. Jadi Anda tinggal buat blog, tingkatkan pengunjung atau traffic, kemudian menjualnya dengan harga tinggi. Lalu anda tinggal buat blog baru lagi untuk dikembangkan lagi dan dijual lagi. Biasanya harganya juga tergantung dari Pagerank blog tersebut. Semakin tinggi Pagerank, maka akan semakin mahal.
  6. Jual merchandise. Jika blog Anda sudah memiliki banyak penggemar, anda bisa meraup lebih banyak uang dengan menjual merchandise bertuliskan blog anda. Misal bentuknya berupa kaos, mug, kalender atau barang lainnya.
  7. Konsultan Blog. Anda bisa menjadi konsultan bagi orang-orang yang berniat membuat blog. Anda bisa pasang tarif untuk setiap konsultasi. Di luar negeri, profesi konsultan blog ini sudah berkembang pesat. Dan di negeri kita, profesi ini sudah mulai menggeliat. Dengan mulai tumbuhnya blog korporat, Anda pun bisa menyasar perusahaan-perusahan sebagai calon klien Anda.
  8. Seminar. Anda bisa buat seminar tentang dunia blog. Atau temanya spesifik seperti blog yang anda punya. Ini salah satu cara untuk meraup lebih banyak lagi uang masuk ke kantong anda.
  9. Bisnis Menulis Blog. Karena isi blog terutama tulisan, ini juga bisa anda jadikan peluang sumber penghasilan. Anda bisa tawarkan diri untuk mengisi blog-blog orang lain.
  10. Menulis di media massa. Bukan hanya menulis di blog sendiri atau blog orang lain, anda pun bisa menulis di media konvensional seperti koran atau majalah. Anda bisa cantumkan profesi sebagai blogger. Anda juga bisa membuat buku tentang dunia blog atau tema lainnya. Selain aliran uang makin deras, nama Anda juga akan makin berkibar.
Demikian metode atau cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan duit melalui internet. Akhirnya, saya ucapkan Selamat bekerja dan selamat menghasilkan uang lewat internet.. tapi jangan lupa berdoa ya. Ora et labora.

0 comments: