Sunday 19 July 2009

Belajar Online Marketing - Pengenalan Istilah

Artikel kali ini saya tujukan bagi Anda yang baru terjun dalam dunia online marketing atau dikenal juga dengan istilah lainnya yaitu Internet Marketing. Sebenarnya saya sendiri juga baru terjun sih.. he..hehe.. :) Kumpulan istilah ini sering dipakai oleh Online Marketer, jadi sebagai seorang Online Marketer Anda wajib mengetahuinya.
jadi saya akan membagikannya disini bagi Anda. Kalo ada yang salah tolong dikoreksi ya, namanya juga belajar... jadi sama-sama belajar. Itulah enaknya belajar online.

  • ADDRESS, biasa dikenal dengan email address, yaitu alamat dimana email akan dikirimkan
  • AFFILIATE MARKETING, metode mempromosikan bisnis web [merchants/advertiser] dimana seorang affiliate [penerbit] dibayar untuk setiap pengunjung, pelanggan, pembeli dan atau terjadi penjualan melalui usahanya. Dan biasanyanya affiliate akan menggunakan web sitenya atau teknik mendatangkan pengunjung dari situs lain
  • Artikel Marketing, Sebuah tipe iklan dengan menulis artikel pendek berkaitan dengan bisnis di website. Ini sangat efektif dalam mendatangkan traffic yang ditargetdan lebih murah daripada bentuk iklan bayar lainnya.
  • Artikel submission, Proses pembuatan suatu artikel agar bebas tersedia untuk disebarkan dan dipublikasikan. Artikel ini didaftarkan pada website direktori artikel yang akan mempublikasikan artikel pada pembaca yang lebih luas.
  • Autoresponder, program komputer secara otomatis menjawab email yang dikirimkan kepadanya. Biasa digunakan sebagai alat marketing email, yang membantu bisnis secara cepat menyediakan informasi untuk pelanggan yang berprospek dan bertindak lanjut dengan mereka pada interval waktu yang telah ditentukan.
  • Bandwith, jumlah dari traffic internet yang melewati website anda. Jika anda memiliki e-book, file audio atau video yang didownload oleh customer anda. anda akan perlu menyediakan bandwith yang cukup besar.
  • Blog, sebuah webpage yang diperbaharui seperty diary, dengan penulisan terbaru didepan. Pembaharuan biasa dilakukan dengan menggunakan sofware blogging. Software ini biasanya mengkombinasikan text, gambar, link dan komentar dari pembuat blog atau blogger di dalam blog.
  • Cloaking, sebuah teknik dimana content yang ditampilkan pada jaringan mesin pencari berbeda dari yang ditampilkan browser pengunjung. Hal ini dilakukan dengan mengirimkan isi content berdasarkan alamat IP atau bagian atas agent HTTP dari halaman yang diminta pemakai.
  • Conversion Rate, suatu syarat marketing yang mengukur penjualan dibandingkan dengan jumlah total pengunjung yang diterima dalam satu periode waktu.
  • Cost per Conversion, menunjukan biaya mendatangkan seorang pelanggan, biasanya dihitung dengan membagi jumlah biaya dari sebuah kampanye iklan dengan jumlah dari konversi. Definisi dari “Conversion” bervariasi tergantung situasi : kadang-kadang seoarang dianggap lead, sebuah penjualan atau pembelian.
  • CPM, Cost per Mille atau Cost per Thousand adalah biaya pemasangan iklan untuk 1.000 impresi, sebagai contoh misalnya sebuah blog yang meng-generate 100.000 page view setiap bulan dan menampilkan iklan banner seharga $.1 CPM akan menghasilkan $.100 tiap bulan.
  • CPV, Cost per Visitor adalah dimana pemasang iklan membayar untuk pengiriman pengunjung yang ditarget ke websitenya.
  • CPC, Cost per Click dikenal juga Pay per Click. Pemasang iklan membayar setiap kali pemakai mengklik iklan mereka dan mengarahkan mereka pada website.
Ok, sampai disini dulu. Jika Anda masih bingung dan ingin penjelasan lebih detail Anda bisa melakukan searching dengan Search Engine Google. Misalnya Anda ingin penjelasan lebih lanjut tentang Cloaking, Anda bisa ketikkan keyword "Cloaking adalah". Selain itu Anda juga bisa kunjungi Wikipedia untuk mengenal lebih banyak istilah-istilah online marketing lainnya. Akhirnya saya ucapkan selamat berbelajar online, semoga sukses.

Selanjutnya kita akan belajar Metode dalam mencari duit dengan Website atau Blog kita.
Mau Duit kan..?

0 comments: